Berbagai Jenis Makanan Bayi 9 Bulan yang Tepat Untuk Diberikan

Berbagai Jenis Makanan Bayi 9 Bulan yang Tepat Untuk Diberikan

Ketika bayi anda memasuki usia 9 bulan maka ia sudah dapat berinteraksi. Maksudnya bayi anda sudah bisa memahami pembicaraan yang telah di dengar. Umumnya bayi pada usia ini sudah tidak bisa diam. Biasanya ia cenderung mendekati benda yang disukainya. Karena pada usia ini dia sudah bisa merangkak, duduk atau belajar berdiri. Oleh karena itu makanan bayi 9 bulan juga sudah perlu diperhatikan. Sebab asupan nutrisinya harus bisa mendukung tumbuh kembangnya juga.

Ibu harus benar- benar memperhatikan makanan pendamping ASI yang diberikan pada bayi yang berusia 9 bulan. Makanan pendamping ASI pada usia ini harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi serta gizi bayi anda. Pada usia 9 bulan makanan serta kandungan nutrisi yang dibutuhkan sebenarnya tak jauh berbeda dengan makanan ketika bayi berada pada bulan sebelumnya. Di usia ini anda dapat memberikan menu makanan bayi 9 bulan dengan teksur lebih kental.

Nutrisi yang Tepat Untuk Bayi Usia 9 Bulan

Makanan yang seimbang bisa anda atur dengan memberikan makanan yang lebih bervariasi dengan nutrisi seimbang dalam setiap harinya. Kelebihan zat gizi tertentu justru tak baik jadi bisa menghambat pertumbuhan pada bayi anda. Memang karbohidrat yang diperlukan bayi tidaklah banyak. Sebanyak 9 sendok makan saja sudah cukup, pemberian asi eksklusif adalah sumber energi untuk pertumbuhan terbaik. Hal penting yaitu dengan asupan nutrisi lainnya yang diperoleh dari sayur, buah serta protein hewani.

Untuk sumber sayurannya yang disarankan untuk bayi 9 bulan diantaranya adalah wortel, tomat, bayam, brokoli, dan kacang hijau. Walaupun banyak jenis sayuran lain yang bisa dipilih, tetapi anda bisa memilih jenis sayuran yang mengandung protein, vitamin A, kalium, Natrium, Vitamin C, Fosfor, asam folat dan serat yang baik untuk bayi anda.

Menu Tepat Untuk Bayi Usia 9 Bulan

Di bawah ini adalah berbagai jenis makanan yang direkomendasikan untuk diberikan kepada bayi anda yang berusia 9 bulan. Diantaranya adalah:

Buah Segar

Anda tak perlu lagi memberikan buah kepada bayi anda dengan cara dikukus. Pastikan saja irisan buah-buahan yang anda berikan tersebut tidak menyebabkannya tersedak. Buah seperti apel, pisang, pir, mangga, pepaya dll adalah pilihan yang baik. Pastikan semua buah dicuci bersih sebelum dikupas. Usahakan cari yang organik.

Daging

Bayi Anda siap untuk mencicipi sedikit daging. Selalu cuci dan masak sampai matang dan kemudian bisa anda potong kecil-kecil karena bayi belum punya gigi geraham untuk mengunyah daging.

Air dan Jus

Supaya bayi anda tetap dalam kondisi segar dan terhidrasi secara baik anda bisa berikan jus dan air. Sebab bayi Anda tidak lagi banyak minum susu, anda bisa beri ia air dan jus buah-buahan. Selain air putih matang, berikan ia jus buah segar seperti jus apel, semangka dan wortel. Hindari buah jeruk sampai ia berusia 1 tahun.

Telur

Telur adalah rajanya nutrisi alami. Dalam menu harian bayi anda bisa tambah satu butir telur dengan berbagai bentuk. Anda dapat memberi telur pada bayi Anda dalam bentuk telur dadar, telur rebus atau biarkan dia memilih apa yang dia suka.

Oatmeal (havermut)

Gandum adalah keharusan. Inilah saat yang tepat bagi anda memperkenalkan gandum kepada bayi Anda. Oatmel tinggi kandungan serat dan mineral juga rendah lemak dan zat aditif. Sereal ini diperkaya dengan zat besi yang penting bagi pertumbuhan bayi.

Demikianlah informasi untuk anda mengenai makanan bayi 9 bulan yang bisa anda berikan kepada bayi anda. berikan selalu yang terbaik baginya agar tumbuh kembangnya optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *