Jenis Jenis Sistem Pembayaran Online Yang Perlu Anda Ketahui

Di zaman yang sudah maju ini, banyak sekali orang yang menjalankan bisnis online. Apabila kita ingin berkecimpung pada bisnis online atau internet marketing, maka sebaiknya kita harus bisa memahami dan juga memiliki macam-macam metode atau jenis jenis sistem pembayaran online yang bisa digunakan di internet. Tujuannya tak lain untuk memudahkan pelanggan di dalam melakukan pembayaran kepada kita. Jika metode pembayaran yang kita tawarkan kepada pengguna semakin banyak, maka akan semakin mudah produk kita yang terjual. Terlebih lagi jika anda semua merupakan seorang internet marketer, maka sudah bisa dipastikan jika anda harus mempunyai kesemua metode pembayaran apabila anda ingin bisnis online anda berkembang dengan sangat baik.

Jenis Jenis Sistem Pembayaran Online

Kemudahan pelanggan untuk melakukan pembayaran ini merupakan tanggungjawab anda. Maka dari itu, kita semua kerap melihat sebuah situs besar yang bergerak pada bisnis online yang menyediakan banyak sekali bentuk pembayaran yang disediakan untuk para customer. Hal itu juga merupakan  teknik yang bisa untuk memudahkan terjadinya proses transaksi untuk kedua belah pihak.

1. Paypal

Paypal ini juga merupakan alat pembayaran yang ada dalam mata uang dollar yang hanya dapat dilakukan secara online atau bisa dilakukan dengan melalui internet. Contohnya saja apabila bisnis anda melibatkan pelanggan dari luar negeri. Yang mana untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan memakai dollar. Dengan demikian, anda semua harus menyediakan metode pembayaran dengan melalui Paypal.

2. Kartu Kredit

Kartu kredit ini merupakan sebuah alat pembayaran yang digunakan untuk mata uang lokal yang dikeluarkan oleh pihak bank serta dapat dipakai untuk melakukan pembayaran online ataupun secara offline. Contohnya saja apbila ada pembeli yang hendak membeli produk anda di internet dengan mata uang rupiah. Dengan demikian mereka bisa memakai kartu kredit. Kemudian, untuk pembayaran dengan memakai kartu kredit secara offline ini dapat dijumpai di mall-mall maupun di supermarket. Bisa juga dijumpai di tempat-tempat perbelanjaan lainnya yang terdapat di dunia nyata.

3. Transfer Bank

Jenis sistem pembayaran online yang selanjutnya yaitu transfer bank. Transfer bank ini merupakan cara pembayaran online dengan memakai mata uang lokal lewat perpindahan antar rekening bank. Contohnya saja apabila ada seorang pembeli yang hendak membeli produk anda. Dengan demikian, anda semua dapat memindahkan uang dari rekening miliknya pada rekening anda dengan cara online berdasarkan dengan jumlah harga yang ditentukan. Pembayaran via transfer bank ini juga dapat dilakukan dengan manual dengan mendatangi kantor bank via kasir. Bisa juga melalui mesin ATM, atau juga bisa dilakukan secara online lewat internet banking.

4. Transfer kawat

Transfer kawat atau Wire Transfer merupakan metode pembayaran elektronik antar mata uang dari negara lain pada negara penerima. Jika ada pembeli dari luar negeri yang ingin membeli produk anda dalam bentuk rupiah, maka ia dapat membayarnya menggunakan mata uang dollar berdasarkan harga dalam kurs rupiah lewat transfer kawat pada rekening bank anda. Uang yang masuk nantinya berbentuk rupiah.

5. Western union

Western union merupakan metode pembayaran tunai dengan online yang hanya dapat dilakukan antar negara. Yaitu dari mata uang negara asal menjadi mata uang negara penerima. Pembayaran ini secara online, tapi penerima sebaiknya mengambil uang secara offline sebab berbentuk uang tunai. Sistem pembayaran ini biasanya digunakan untuk pembayaran uang oleh google pada publisher adsense atau untuk pengiriman gaji pekerja luar negeri pada kampung halamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *