Makanan Penambah Darah Untuk Anda Yang Terkena Anemia

Apakah anda sering merasa letih dan juga lemas? Bisa jadi ini tandanya tubuh anda kurang darah. Oleh karena itu, konsumsi makanan penambah darah yang memiliki kandungan zat besi yang banyak bisa menjadi solusi tepat. Saat anda mengalami kekurangan zat besi atau anemia, maka sel darah merah dalam tubuh akan menurun.Sehingga tubuh anda tak dapat memproduksi hemoglobin yang cukup. Jadi anda akan merasa lemas dan letih.

Salah satu yang menjadi ciri dari kurang zat besi atau anemia ini adalah merasa cepat lelah. Anda akan merasa lemas, letih, lesu, lalai, lunglai yang merupakan gejala anemia. Ini karena fungsi sel darah merah yang bertugas membawa oksigen terganggu. Metabolisme dalam tubuh jadi tidak sehat, sehingga penderita akan mengalami kelelahan. Jika berlangsung terus menerus,maka aktivitas penderita akan terganggu.

Daftar Makanan Penambah Darah Paling Efektif

Agar dapat mencegah dan mengatasi anemia, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan penambah darah. Ada beberapa jenis makanan yang sangat efektif untuk menambah darah. Sehingga penderita anemia bisa segera pulih. Di bawah ini adalah beberapa makanan yang bisa untuk menambah darah. Diantaranya adalah:

Daging Merah

Di dalam daging merah memiliki manfaat yang begitu baik untuk menambah darah, kerjanya juga begitu cepat saat di dalam tubuh. Jenis daging merah yang efektif sebagai penambah darah diantaranya adalah daging kerbau, sapi, dan juga daging kambing. Di dalam daging tersebut terkandung protein hewani, mineral, zat besi. Zat besi yang ada dalam daging ini bisa meningkatkan hemoglobin yang ada dalam tubuh. Sedangkan protein bisa membantu menyusun sel darah merah.

Konsumsi Makanan yang Kaya Zat Besi

Untuk penderita anemia, makanan yang kaya kandungan zat besi berperan dalam membantu menambah darah sehingga anemia yang sedang dialaminya bisa segera teratasi. Ada banyak jenis makanan yang didalamnya kaya kandungan zat besi. Diantaranya adalah: daging sapi, daging kambing, daging kerbau. Disamping dari jenis daging merah, daging organ yang didalamnya kaya zat besi yaitu ginjal dan hati. Sedangkan makanan lain yang kaya zat besi seperti sayuran yang punya daun hijau seperti kangkung dan bayam. Zat besi juga banyak terdapat dalam kacang- kacangan, kismis kering, dan kuning telur.

Buah Penambah Darah

Ternyata ada beberapa jenis buah yang bisa efektif sebagai penambah darah. Salah satunya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai penambah darah adalah buah kurma dan juga strawberry. Di dalam buah kurma ini dapat menghalau gejala tekanan darah rendah. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam buah kurma yaitu vitamin B-Kompleks bisa membuat produksi sel darah merah menjadi meningkat.

Buah strawberry sendiri kaya dengan kandungan antioksidan, zat besi, vitamin, rendah lemak dan berserat tinggi. Oleh sebab itu, buah ini sangat baik untuk menambah darah dalam tubuh anda.

Seafood atau boga bahari

Makanan laut atau seafood khususnya untuk jenis kerang dan tiram sangat kaya dengan kandungan zat besi. Bahkan setiap 100 gram kerang memiliki 28 mg zat besi, yang dapat memenuhi 155% asupan zat besi harian yang telah disarankan. Akan tetapi, kandungan zat besi yang berasal dari kerang-kerangan cukup bervariasi, ada yang tinggi tapi juga ada yang lebih rendah.

Itulah beberapa makanan penambah darah yang efektif untuk mencegah dan mengatasi anemia. Mulai sekarang, penuhi kebutuhan zat besi anda, agar anda bisa tetap fit dan sehat menjalani aktivitas sehari- hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *