Pengertian Manajemen Marah dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pengertian Manajemen Marah dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Rasa marah pasti sudah dimengerti oleh setiap orang. Berbagai macam peristiwa bisa menjadi penyebab dari emosi marah ini. Adanya rasa emosi marah tidak selalu bisa dihindari, apalagi ketika menghadapi situasi yang tidak adil serta tidak menyenangkan. Namun, emosi marah harus dikelola serta dikendalikan supaya tidak menimbulkan akibat yang negatif terutama pada diri dan lingkungan. Kemarahan yang tidak terkendali, walaupun hanya sebentar namun bisa berdampak  yang luar biasa.

Pengertian Manajemen Marah

Pengertian manajemen marah atau emosi adalah pengolahan emosi diri kita ketika menghadapi suatu masalah.  Kita terkadang merasakan namanya emosi, baik itu emosi positif maupun negatif. Emosi negatif misalnya seperti marah, benci dan lain sebagainya. Kemudian emosi positif yaitu dengan senang, bahagia bersemangat dan lain lainnya. Namun jika kita tak dapat mengontrol emosi, entah itu emosi positif ataupun emosi negatif pastinya tidaklah baik. Dari situlah seseorang memerlukan manajemen emosi.  Dan manajemen emosi itu merupakan pengolahan emosi diri kita ketika menghadapi suatu masalah.

Tips Mengatasi Manajemen Marah

Pengolahan emosi memang begitu penting untuk kita saat menghadapi masalah. Sebab dalam menghadapi masalah sebaiknya dengan emosi yang sepenuhnya terkontrol. Jika kita lihat banyak orang yang tidak mampu mengontrol emosi ketika memecahkan masalahnya. Jika kita tak mengontrol emosi ketika menyelesaikan masalah, bisa jadi masalah tersebut tidak selesai tapi akan tambah rumit. Rasa marah itu memang harus disalurkan, tapi dengan cara yang baik baik.

Ekspresikan kemarahan Anda

Waselaupun kita diajarkan untuk bisa menahan emosi, mengeluarkan kemarahan dengan cara berkala efeknya sangat baik untuk tubuh Anda. Tapi ingat, mengeluarkan emosi dengan cara yang positif saja.

Kombinasikan terapi mental dan fisik

Terapi mental dapat membantu Anda melepaskan kemarahan yang tersimpan, sementara terapi fisik bisa menjadikan Anda jadi  lebih tenang. Cara paling efektif yaitu dengan memadukan keduanya.

Jangan menyakiti orang lain

Anda bisa menyalurkan rasa marah Anda dengan cara aman dan jangan menyakiti orang lain. Yang paling penting yaitu menyalurkan dari emosi negatif Anda, dan tidak siapa yang akan menerimanya.

Ungkapkan kemarahan sampai tuntas

Ketika melampiaskan kemarahan lebih baik Anda sendirian, supaya anda tak merasa terbatas,  bisa juga anda bersama orang-orang yang mengerti serta mendukung sikap ini.

Memaafkan

Hal yang terbaik yaitu anda bisa melepaskan kemarahan dengan memaafkan secara tulus orang yang menjadi penyebabnya, juga bisa memaafkan diri anda sendiri.

Dampak Marah

Mengalami emosi bisa menjadi hal yang baik apabila bisa memotivasi kita untuk membela diri dan melakukan koreksi pada hal yang salah. Marah juga bisa memotivasi dalam mencari solusi dari sebuah permasalahan.  Namun, emosi marah yang tidak bisa terkontrol justru banyak memberikan dampak negatif.

Dampak negatif dari kemarahan yaitu terjadi pada kesehatan, psikologis dan hubungan dengan orang lain.  Kenyataannya pada saat kita marah, jantung berdebar dengan lebih keras, denyut nadi juga akan bertambah cepat. Tak hanya itu, tekanan darah juga bisa meningkat. Jadi ada resiko untuk mengganggu kesehatan fisik dari seseorang.  Daya tahan juga bisa menurun jika kita terus marah.

Ternyata orang yang marah terlalu berlebihan tidak akan bisa mengambil kesimpulan yang tepat juga benar. Marah juga justru akan menjadikan kita berada pada situasi yang tidak menyenangkan atau tidak bahagia. Kita pun juga akan dinilai sebagai orang yang pemarah. Tak hanya itu, kemarahan juga bisa menimbulkan masalah dengan orang lain dan menghambat kerja sama.  Sebab menimbulkan permusuhan atau perasaan terluka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *