Sebaiknya 4 Jenis Larangan Saat Haid Ini Anda Patuhi

Sebaiknya 4 Jenis Larangan Saat Haid Ini Anda Patuhi

Wanita tak bisa terhindar dari yang namanya menstruasi. Begitu pula efek sakit yang bisa ditimbulkan ketika menstruasi. Darah yang telah diluruhkan ketika menstruasi karena tidak ada pembuahan akan mengakibatkan berbagai kondisi pada tubuh dan suasana hati kita. Seperti sakit pasa perut, hati kacau dan galau, lesu dan sebagainya. Banyak beredar mitos mengenai larangan saat haid yang tidak boleh dilakukan. Lantas, benarkah hal itu?

Di masyarakat banyak beredar mitos kalau sedang haid tidak boleh pergi malam- malam, dan lain sebagainya yang belum tentu jelas kebenarannya. Tapi di bawah ini ada sederet larangan saat wanita hadi yang memang harus anda patuhi. Dan ini bukan mitos. Apa saja itu? Simak info lengkapnya di bawah ini.

Cabut Bulu dan Waxing

Penurunan hormon estrogen dan progesteron juga membuat tubuh kita lebih peka terhadap rasa sakit. Tubuh kita pun mengalami perubahan, seperti payudara yang bengkak, dan sakit. Jadi sebaiknya hindari kegiatan yang akan membuat Anda merasa sakit, seperti mencabut gigi, waxing bulu ketiak, mencabut bulu alis dan bulu halus lainnya. Waxing bisa dilakukan jika sudah selesai menstruasi dan hormon sudah normal.

Berhubungan Intim

Jika pada waktu haid melakukan hubungan intim, ini secara tegas tidak diperbolehkan, baik menurut hukum agama ataupun medis. Sebab organ intim wanita pada waktu haid tidak steril sehingga tidak aman untuk melakukan hubungan intim. Darah haid biasanya lebih dikenal dengan darah kotor yang mengandung banyak bakteri. Jika melakukan hubungan intim saat haid akan dikhawatirkan menyebabkan terjadi infeksi organ reproduksi pada wanita.

Disamping itu, berhubungan suami isteri saat haid sangat beresiko menyebabkan kematian mendadak. Sebab saat haid, pembuluh darah pada organ reproduksi wanita akan terbuka sehingga ketika melakukan hubungan badan sangat beresiko terbawanya udara dari luar dan masuk kedalam pembuluh darah sampai ke jantung. Akibatnya bisa  fatal dan menyebabkan terjadinya serangan jantung yang mendadak.

Konsumsi soda dan minuman dingin

Memang tini tak sepenuhnya dilarang pada waktu masa haid. Namun ada baiknya Anda perhatikan minuman yang harus dihindari saat haid dengan tidak banyak mengkonsumsi jenis minuman bersoda karena bisa mempengaruhi keseimbangan hormon. Selain itu, ada juga larangan minum es saat haid. Sebab dapat memperlambat dan juga menghambat darah haid keluar. Maka lebih baik batasi konsumsi minuman tersebut supaya siklus haid berjalan lancar dan tidak menimbulkan berbagai macam keluhan.

Jangan pakai pembalut seharian penuh

Apakah Anda termasuk orang yang sering lupa mengganti pembalut? Jika ya, Anda harus mengubah kebiasaan tersebut. Pembalut perlu diganti sekitar empat jam sekali, ini bisa lebih saat darah yang dikeluarkan sedang jumlahnya banyak. Pembalut yang tidak diganti dapat menyebabkan bakteri menyerang tubuh Anda.

Tips Memilih Makanan Saat Haid

Anda harus pastikan beberapa hal tentang memilih konsumsi makanan saat haid untuk menjaga asupan gizi dari makanan anda:

  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan alergi
  • Makan makanan sehat dan bersih
  • Makanan kaya serat dan protein harus diperbanyak
  • Terapkan pola makan teratur, tentu dengan makanan yang bergizi
  • Perbanyak minum air putih
  • Beristirahatlah apabila anda merasakan sakit
  • Sebaiknya jangan pakai pain killer ataupun obat penghilang rasa sakit, sebab bisa berdampak buruk untuk sistem imun dalam tubuh anda
  • Lakukan kegiatan seperti biasa

Demikianlah informasi mengenai 4 larangan saat haid yang memang sebaiknya tidak anda lakukan. Semoga informasi ini memberi manfaat yang baik untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *